Sabtu, 09 April 2011

Beri Bantuan Bencana, PM Australia Kunjungi Jepang



Perdana Menteri (PM) Australia Julia Gillard akan mengunjungi Jepang akhir bulan ini untuk membicarakan pemberian bantuan bencana di Jepang.

Perjalanan Perdana Menteri Julia Gillard di Jepang akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 20 April. Jepang masih berjuang memulihkan efek bencana yang telah menewaskan lebih dari 12.500 orang dan sekira 15 ribu orang masih belum ditemukan.

Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan, Gillard yang akan didampingi oleh rekannya, Tim Mathieson, akan bertemu dengan Kaisar Jepang dan melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan.

Dikutip dari Jiji Press, kedua perdana menteri tersebut akan melakukan perundingan mengenai langkah pemulihan bagi wilayah dan warga yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami yang mengguncang timur laut Jepang pada 11 Maret.

Selain itu, Kan dan Gillard juga akan merundingkan kesepakatan hubungan ekonomi kedua negara. Demikian lansir AFP, Sabtu (9/4/2011).

Jepang merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Australia setelah China. Bencana Jepang diperkirakan telah merugikan perekonomian Australia sekira 2 miliar dolar Australia.
Pemerintah Australia juga telah mengirimkan tim SAR ke Jepang beserta donasi dan bantuan perlengkapan setelah bencana gempa dan tsunami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar