Jumat, 11 Februari 2011

Pengelolaan Lingkungan Di Sekolah

Pengelolaan Lingkungan
Di Sekolah 
Bagi para siswa, tentunya kegiatan belajar mengajar memerlukan lingkungan sekolah yang nyaman, bersih, dan cukup pepohonan.bagi para siswa lingkungan dengan taman bermain yang tercukupi akan membuat tumbuh kembang anak menjadi baik dan menyenangkan. Hal ini juga sesuai dengan dasar-dasar pendidikan yang memang dibutuhkan oleh siswa.
untuk kegiatan belajar seharusnya bisa memenuhi beberapa criteria, seperti :
1. Lapangan bermain
Fasilitas lapangan bermain adalah sesuatu hal yang sangat penting bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, khususnya yang berhubungan dengan ketangkasan dan pendidikan jasmani.
2. Pepohonan rindang
Oksigen adalah salah satu pendukung kecerdasan anak. Kadar oksigen yang sedikit pada manusia akan menyebabkan suplai darah ke otak menjadi lambat, padahal nutrisi yang kita makan sehari-hari disampaikan oleh darah ke seluruh tubuh kita. Karena itulah dibutuhkan banyaknya pohon rindang di lingkungan pekarangan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah.
3.resapan air
diperlukan resapan air untuk mengaliri air hujan agar tidak menjadi genangan air yang dapat menjadikan kotor lingkungan sekolah, atau bahkan membahayakan apabila didiami oleh jentik-jentik nyamuk.
4. Tempat pembuangan sampah
Dalam masalah sampah di sekolah, perlunya ditumbuhkan kesadaran bagi seluruh warga sekolah untuk turut menjaga lingkungan. Caranya adalah dengan menyediakan tempat pembuangan sampah berupa tong-tong sampah dan tempat pengumpulan sampah akhir di sekolah, dan memberikan contoh kepada siswa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.
5. Lingkungan sekitar sekolah yang mendukung
Lingkungan sekitar sekolah yang tidak mendukung dapat menyebabkan siswa cenderung tidak nyaman belajar, atau bahkan penurunan kualitas kecerdasan akibat polusi tersebut.
6. Bangunan sekolah yang kokoh dan sehat
Karena bangunan sekolah sudah semestinya dibangun dengan kokoh dan memiliki syarat-syarat bangunan yang sehat, seperti ventilasi yang cukup dan luas masing-masing ruang kelas yang ideal.
Dan masih banyak lainya, hanya itu yang saya tau.
Di SMK N 7 YK sebenarnya sudah memenuhi suatu lingkungan yang nyaman dan sehat akan tetapi di bagian belakang seperti kamar mandi, kantin, dan sebagainya. Kebersihannya kurang memenuhi. Dan fasilitas seperti tempat parkir kurang memadai.
Di area sekolahan juga banyak yang berconblok, padahal itu tidak baik untuk lingkungan karena saat hujan turun air hujan tidak bisa meresap ke dalam tanah, sehingga menyebabkan sering becek. Dan di area sekolahan seharusnya banyak di Tanami pepohonan agar terlihat sejuk.
Sehingga konsentrasi belajar bisa menjadi tinggi. Karena suasananya yang menjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar